Kiat Tulisanmu Agar Ramai yang Membaca: Beberapa Prinsip yang Direkomendasikan

Masih banyak para blogger yang suka menulis tapi gak pede untuk di publish atau bahkan yang sudah menulis panjang dan lebar namun sepi akan pembaca. Masih sering ragu untuk menulis karena kurang enak dibaca oleh para audience?


Nah agar nambah kepedeanmu dalam mempublikasikan tuisalan didalam blogmu, coba baca tulisan ini yang dapat menjadi alternatif untukmu lebih pede dalam menggeluti dunia blogger!

Menulis itu mengekspresikan diri bukan untuk Mengesankan
Ingat jangan sepenuhnya menggunakan kata-kata yang terlalu berlebihan dan terlalu memutar-mutarkan informasi yang lagi dicari sipembaca! dalam tulisan itu harus menyampaikan informasi dan berkomunikasi. Gunakan bahasamu sendiri yang enak dibaca, karna ini bukan tulisan untuk membuat karya ilmiah, jurnal atau lainnya. Bukan berarti tidak boleh menggunakan bahasa Indonesia yang baku, tapi lihatlah target pembaca blogmu itu untuk siapa.

Tipsnya adalah libatkan para pembaca agar bisa terhubung dengan para pembaca baik secara emosiaonal pada tulisanmu, hal ini bisa dilakukan seperti kalian berdiskusi sederhana yang sering dilakukan dengan teman-temanmu gengs!

Gunakan istilah yang dapat menggambarkan!
Setelah tulisanmu selesai, cobalah membaca ulang dengan seksama apakah sudah enak dibaca dengan nada santai, serius, atau serius tapi santai (jangan malas membaca ya gengs!).

Gak semua pembaca tau maksud dari tulisanmu itu dalam menjelaskan sesuatu, jadi anggaplah mereka belum tau sama sekali apa yang sedang mereka cari. Dengan menganggap pembaca tidak tau sama sekali, disini kita harus menuliskan dengan secara jelas, gambang, dan mendetail untuk informasi yang akan kita sampaikan gengs. Kan siapa tau kedepannya nanti blog kita dapat diajukan ke adsense dengan syarat kata yang digunakan minimal sebanyak 700-1000 kata per artikel!

Manfaat lainnya adalah kamu dapat mengingat informasi yang akan disampaikan dalam tulisanmu dan secara otomatis pengetahuanmu juga bertambah karna sudah melakukan research sendiri.

Pakai kata Familiar dan Hindari kata yang tak diperlukan
Nah ini yang sesuai target pembaca kalian itu seperti apa? kalau target kalian adalah akademisi gunakan bahasa yang lebih ilmiah dan sesuai EYD bahasa Indonesia baik dan benar. kalau target kalian hanya pembaca umum gunakanlah bahasa yang firendly. Sesuaikan kata-kata tulisan kita dengan istilah yang akrab digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan begitu tulisanmu mudah di ingat dalam pikiran si pembaca.

Jangan ada kata yang mubazir dalam setiap paragraph tulisanmu di blog gengs. Jika tidak diperlukan hapuslah kalimat itu atau mengganti dengan kalimat yang lebih sesuai agar kalimat mu dalam tulisan lebih ringkas dan efektif bagi pembaca.

Terakhir Gunakan kalimat pendek dan Simpel
Kebayang tak kaliang gengs? kalau kalian buat kalimat panjang-panjang dan berbelit-belit, kemungkinan tulisanmu kurang dimengerti oleh pembaca bahkan mengakibatkan pembaca merasa capek untuk membaca tulisanmu di blog! apalagi blog itu tulisan yang berbasis internet dan menggunakan media komputer atau smartphone dengan menatap layar terlalu lama mengakibatkan mata si pembaca mudah lelah atau perih!

Gunakan kalimat yang simpel akan mempermudah pemahaman si pembaca untuk menangkap informasi yang sedang dibaca dari pada kalimat yang rumit bikin pembaca harus membaca lebih ekstra.

Cara agar tulisanmu banyak dibaca orang

Jadi bagaimana gengs? jangan sungkan buat menulis dan membaca ya! karna ada pepatah mengatakan

"Menulislah kamu agar di ingat oleh sejarah, dan membacalah kamu agar menjelajahi dunia"
(kutipan dari siapa saya lupa gabungan dari dua tokoh pokokmen.)

Tinggalkan dikomentar ya gengs kalau ada tambahan atau opinimu agar tulisan ini dapat diperbaharui sesuai dengan kondisi zaman

Terimakasih atas kritik, saran, dan komentarnya ^_^
Tunggu balasan dari admin ya..
EmoticonEmoticon