Lima Kiat Membuat Nama Domain yang Unik dan Menarik

Pernah berfikir kalau kamu ingin membuat suatu situs bisnis, pribadi, atau organisasimu? apa yang kamu fikirkan untuk pertama-tama memulainya? jawabanya pasti ide seperti apa yang akan kamu publikasikan dalam situsmu, kemudian baru mencari nama yang berkaitan dengan situsmu itu.

Memberi nama situsmu memang memakan waktu berjam-jam untuk memikirkannya dan menjadi salah satu kendala terberat untuk setiap orang atau blogger pemula. mencoba membuat nama yang cocok untuk blog kita.

Kasus diatas merupakan yang saya alami pribadi, sudah berjam-jam memikirkan nama yang cocok dan unik tapi ujung-ujungnya menelurkan nama yang biasa-biasa saja.

Memilih sebuah nama untuk situsmu atau domain yang akan kita ginakan sebenarnya sama dengan mamilih nama akan menjadikan ciri khas atau keunikan situsmu atau perusahaanmu (bagi yang bergerak dalam bidang bisnis). Domain kita akan menjadi identitas di internet yang sebaiknya nama situs kita sesuai dengan tujuan atau isi, karena akan mudah untuk ditemukan, di ingat dan dipromosikan.

Kiat #1: Buatlah Nama yang Mencirikan Merek dan Blog Kita

Sebelum memulai membuat nama, penting untuk memahami bagaimana nama situs kita mewakili maksud dari isi postingan kita kedepannya.

Seperti halnya untuk memecahkan suatu masalah, kita memerlukan beberapa pertanyaan yang menjurus. Nah untuk mencari nama yang tepat, unik, dan brandable  tanyakan pada diri kita empat pertanyaan ini:

  • Apa tema blog kamu?
  • Siapa yang akan menjadi audience target atau jangkauan pembaca?
  • Kemudian nada bicara seperti apa yang akan digunakan? (santuy, serius, baku, dll.)
  • Bagaimana nama situs kita untuk mengembangkan brand kita?
Nama situs kita harus berkaitan dengan konten atau isi yang kita buat. Jangan sampai nama situ kita "Hidup Sehat" namun isi konten kita justru berisikan ulasan otomotif, hal ini tentu saja akan membingungkan para audience atau pembaca yang mengira situs kita adalah situs mengenai kesehatan.

Kiat #2: Gunakan Nama Domain yang Kreatif dan Brandable

Seperti pada kiat #1, nama domain kita akan mencirikan identitas di dunia mesin pencarian (browser). Oleh sebab itu sebisa mungkin gunakan nama domain yang unik dan brandable agar kita bisa melakukan branding dengan mudah. Domain kita akan menjadi nama yang sedang dicari oleh target, diingat, dan bisa saja di sebar luaskan ke khalayak.

Kemudian, apa itu yang dimaksud dengan Brandable?

Nama domain brandable adalah nama yang unik dan berbeda dibandingkan dengan situs pesaing kita. Lalu bagaimana cara menemukan nama yang brandabl?


  • Buat kosa kata baru. Kita bisa membuat kosa kata baru yang terdengar unik dan menarik perhatian. Pengalaman saya pribadi membuat kosa kata baru bisa kita peroleh dari twitter yang memuat akun receh atau lucu-lucu.
  • Pakai kosa kata unik yang sudah ada. Kita bisa mencari kosa kata yang jarang digunakan sehari-hari, namun sesuai dengan konten situs kita. Semisal nama situs pribadi saya ini menggunakan bahasa Jawa krama atau jawa halus. hihihi
  • Gunakan domain generator. Sekarang sudah banyak generator untuk mencari nama domain yang cocok untuk situs kita di internet.
Kiat #3: Pastikan Nama Domain Situs Kita Agar Mudah Diketik

Menemukan nama domain yang mudah diketik akan membantu audience mengingat dan tanpa adanya kesulitan ketika akan mengunjungi situs kita kembali. Kelebihan lainnya nama domain situs kita mudah diketik dapat membantu author atau penulis menggapai kesuskesan dalam dunia online.

Tipsnya gunakan nama domain yang pendek, dengan begitu akan mudah di ingat dan cepat diketik oleh pembaca yang akan mengunjungi situs kita.

Kiat #4: Research Ulang Nama Domain Situs Kita

Ketika sudah menemukan nama domain yang pas untuk situs kita, jangan langsung membeli TLD (Top Level Domain). Usahakan cek terlebih dahulu di search engine atau sosial media, bahwa nama domain kita yang akan digunakan belum di tradmark, coyright, atau sudah digunakan situs lain.

Oleh karena itu perlu kita research terlebih dahulu sebelum membeli sebuah domain. Agar kita tidak dianggap plagiat oleh orang lain.

Kiat #5: Gunakan Extension Domain yang Tepat

Extension domain merupakan akhiran yang ada di domain kita seperti .com, .co.id, .net dan sebagainya di akhir alamat website. Saat ini sudah banyak extension TLD yang digunakan, hal ini dapat membantu kita untuk menyesuaikan isi dari situs kita. Berikut ini beberapa extension domain yang sering digunakan:
  • .co.id - biasanya digunakan dalam bentuk perusahaan Indonesia, website komersial, atau komunitas tertentu. Untuk menggunakan extension ini ada persyaratan khusus yang digunakan.
  • .com - sering digunakan sebagai situ pribadi atau komunitas. Karena tidak banyak persyaratan khusus untuk mengajukan extension ini.
  • .net - biasanya digunakan untuk website yang menyediakan infrastruktur internet.
  • .org - biasanya digunakan untuk situs organisasi non-commercial dan non-profit.
pengunjung sepi coba ganti domain

Membuat nama domain untuk situs kita tidak perlu diambil pusing. Asalkan nama domain kita selaras dengan isi situs kita kedepannya. Ketika sudah memutuskan nama yang cocok, unik dan mudah di ingat segeralah untuk membelinya di situ penyedia domain. Karena jutaan orang sudah membuktikannya hehehe. Selamat mencoba

First

Terimakasih atas kritik, saran, dan komentarnya ^_^
Tunggu balasan dari admin ya..
EmoticonEmoticon